Bromo-Malang

Liburan lebaran yang lalu saya bersama sahabat saya Vanessa Sunggono dan Aurelia Olvia merencanakan untuk liburan ke Bromo dan Malang. Kami membeli tiket dan hotel sekitar sebulan sebelumnya. Kami berencana menyewa supir untuk ke Bromo saja. Karena sedang high season kami mendapatkan harga yang cukup mahal untuk sewa jeep dan mobil, tetapi karena kami sepakat untuk liburan jadi kami sama-sama setuju. Kami menyewa supir dari kenalan kami dan dikenakan harga 600 ribu per hari nya karena sedang high season.

Day 1

Jakarta-Malang

Pagi hari kami berangkat dari Jakarta menuju Malang. Sampai di Malang kami dijemput oleh supir yang sudah kami pesan dan kami pergi untuk sarapan. Setelah sarapan sebelum kami pergi untuk menginap di Bromo, kami mengunjungi hotel Tugu Malang. Awalnya kami berencana untuk menginap disini, tetapi karena sedikit spooky maka kami memutuskan untuk tidak jadi menginap disini hehe.. Sebenearnya dekor cukup menarik tetapi hanya saja kami merasa kurang nyaman dan hanya mengunjungi resto nya saja.

IMG_8833

Hotel Jiwa Jawa Resort Bromo

Perjalanan selanjutnya kami langsung menuju Bromo karena kami akan bermalam di Hotel Jiwa Jawa Resort Bromo. Sejujurnya saat membaca review hotel ini merupakan hotel paling bagus di Bromo. Dari segi harga saat saya pesan rate harga sekitar 1,9 juta untuk semalam. Kami datang bertiga dan dikenakan tambahan bayaran 300 ribu karena harus menambah extra bed. Sejujurnya kami kecewa karena kami harus membayar padahal saat itu extra bed habis. Jadi kami tidak mendapat extra bed dan tetap harus membayar 300 ribu rupiah. Saat itu saya kesal karena pelayanan yang tidak memuaskan.

Sebagai gantinya mereka akan memberikan breakfast, padahal subuh nanti saya sudah akan berangkat ke Bromo. Hotel tidak terlalu bagus dan tidak sesuai dengan harganya. Karena sudah membayar maka saya meminta untuk breakfast dibungkus untuk kami bawa. Untungnya bisa dan setidaknya tidak terlalu merugikan kami. Kami hanya beristirahat dan makan di sekitar hotel karena besrok pagi kami akan berangkat untuk mengejar sunrise.

Day 2

Bromo- Spot Sunrise (Bukit Kingkong)

Sekitar jam 3 pagi kami sudah berangkat menuju Bromo. Sampai di sini kami langsung naik jeep yang sudah kami booking menuju spot sunrise yaitu Bukit Kingkong. Hari itu cukup senang karena Bukit Kingkong belum terlalu ramai sehingga kami bisa menunggu sunrise dengan nyaman. Sambil menunggu sunrise kami membeli susu hangat yang dijual oleh pedagang sekitar. Angin yang sangat kencang dan cuaca yang cukup dingin tetapi terbayarkan dengan apa yang saya lihat. Ini kedua kalinya saya mengunjungi Bromo. Kami cukup lama berada di spot ini karena kami berfoto-foto sampai puas.

IMG_8862IMG_8966

IMG_8959

Kawah Bromo

Setelah kembali ke parkiran jeep rute selanjutnya adalah menuju Kawah Bromo. Sampai disini akan banyak orang yang menawarkan untuk naik kuda. Kami pun naik kuda untuk sampai di atas. Hari itu sangat ramai sekali karena banyak sekali wisatawan yang mau melihat kawah bromo dari atas sana. Setelah sampai kita akan naik tangga yang cukup tinggi dengan antrian yang cukup panjang. Sampai di atas kita hanya akan melihat kawah dan saya pun tidak terlalu lama dan kembali turun untuk melanjutkan rute berikutnya. Turun pun juga antri karena ramai sekali. Saya tidak berfoto di atas karena menurut kami kurang bagus.

SnapseedSnapseed-2NWLV4621

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Gunung Bromo adalah salah satu lokasi wisata di bromo yang menjadi pilihan terbaik selain penanjakan sunrise bromo dan kawah bromo,bukit teletubbies bromo berada disebelah timur gunung bromo,untuk menuju lokasi ini biasanya pengunjung bromo sewa jeep hartop bromo dan menjadi 1 paket kunjungan dengan objek wisata di bromo lainnya.

Tidak ada salahnya ketika berwisata ke Gunung Bromo, jangan lewatkan untuk mengunjungi bukit yang berada di timur gunung bromo atau biasa disebut dengan “Bukit Teletubbies”. Bukit ini dinamakan Bukit Teletubbies Gunung Bromo karena bentuk dari bukit menyerupai bukit yang berada di serial film anak anak.

IMG_7552Snapseed-3SNMS4651

Pasir Berbisik

Rute terakhir yaitu Pasir Berbisik.  Salah satu keunikan lain dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu berupa padang pasir yang berada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl, Pasir Berbisik Bromo itu sendiri sebenarnya ialah kaldera raksasa, bagian dari kawasan pegunungan tengger yang diameternya sekitar 8-10 Km. Jadi ketika anda berada di lautan pasir Bromo, sebenarnya anda sedang berada di area pegunungan tengger yang beberapa gunungnya masih sangat aktif salah satunya Bromo serta gunung tertinggi yang berada di kawasan TNTBS yaitu Gunung Semeru, jika berada di kawasan tour bromo pasir berbisik ini sempatkan untuk melihat ketas sebelah timur disitu anda akan memandang bukit dengan ketinggian 2.900 mdpl yang biasa disebut dengan Puncak Bromo.

IMG_7665IMG_7673KKZG8488 (1)

Tur kami sudah selesai dan kami kembali ke hotel untuk bersiap-siap karena kami akan kembali ke kota Malang.

Malang-Batu

Coban Rais

Coban Rais adalah salah satu tempat wisata favorit di Malang  yang hits dan banyak dikunjungi para wisatawan. Coban sendiri berarti air terjun, dan Rais diambil dari nama salah satu warga penduduk. Wisata yang mulai hits di tahun 2016 bulan Desember ini semakin ramai pengunjung karena adanya spot baru yaitu Bukit Bulu Batu Flower Garden yang memang dihadirkan untuk para pecinta foto.

Sayangnya karena itu suasana lebaran tempat ini sangat ramai sekali, sampai-sampai antrian tikey yang luar biasa antri. Saya sudah membeli tiket untuk beberapa spot foto dan akhirnya kami memutuskan untuk pergi saja, karena sudah menunggu sangat lam tetapi lagi-lagi karena orang Indonesia tidak mengerti antrian. Sekali foto bisa sampai 10 kali per orang sedangkan antrian sangat panjang.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk “Wana Wisata Coban Rais” Rp 10.000,-/orang. Buka dari jam 07.30 WIB– 15.00 WIB.

Harga tiket masuk Batu Flower Garden (BFG) :

1. Untuk harga tiket masuk BFG :  Rp 25.000,-/orang, sudah mendapat 2 spot gratis yaitu di spot love (3 x foto, dapat 1 file foto) dan flower (3 x foto, dapat 1 file foto).

2. Jasa foto spot pilihan (3 x foto, dapat 1 file foto) :

  • Ayunan Rp 10.000,-
  • I love U Rp 10.000,-
  • Pinus Rp 10.000,-
  • Hammock Tower (foto sendiri) Rp 15.000,-

3. Setiap tambahan 1 file  foto ditambah biaya Rp 5.000,-

4. Membawa kamera DSLR dikenakan biaya Rp 15.000,-

5. Membawa Action Camera (GO PRO) dikenakan biaya Rp 10.000,-

Coban Talun

Karena Coban Rais sangat ramai maka kami pun memutuskan untuk mengunjungi Coban Talun yang tidak terlalu jauh, Ternyata disini tidak terlalu ramai dan kami bisa berfoto-foto karena lumayan sepi karena masih pagi. Biasanya rute wisatawan ke Coban Rais terlebih dahulu baru mengunjungi Coban Talun. Kebun bunga di kawasan Coban Talun ini menyimpan berbagai jenis bunga yang menarik dan juga indah. Tentunya kebun bunga ini menarik untuk berfoto-foto. Wisatawan juga bisa melihat berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Banyak wisatawan yang tertarik untuk foto dengan latar belakang bunga yang indah.

IMG_7927 (1)IMG_7900IMG_7946IMG_7886

Museum Angkut

Museum Angkut ini menyajikan konsep wisata yang berbeda dari umumnya tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia. Di museum ini, objek yang dijadikan wisata adalah transportasi. Tidak hanya memamerkan sarana transportasi yang ada di Indonesia, museum ini juga memamerkan transportasi dari negara-negara lain. Dari yang paling antik (Kuno) sampai yang paling terbaru (Modern). Jawa Timur Park Group sebagai perusahaan pengembang objek wisata Museum Angkut ini sepertinya tidak main-main dalam mengelola tempat ini. Terbukti, kurang lebih ada 300 koleksi mobil yang dipamerkan di Museum seluas 3,8 Hektar ini. Hebatnya, museum ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia. Dan sejak mulai dibuka pada 09 Maret 2014 yang lalu, museum ini selalu rame dikunjungi oleh para wisatawan.

ZONA DI MUSEUM ANGKUT

Dengan lahan yang cukup luas, pengembang Museum Angkut ini membagi kawasan museum ke beberapa zona dengan tema-tema unik dimasing-masing zona.

Berikut beberapa bagian atau  zona yang ada di Museum Angkut.

1. RUANGAN UTAMA

Dari pintu masuk utama anda akan langsung menemukan ruangan ini. Di ruangan ini akan ada berbagai macam koleksi sarana transportasi dari waktu ke waktu. Mulai dari mobil hingga sepeda dari berbagai negara.

IMG_9033IMG_9035IMG_9036

2. EDUKASI

Sepertinya di zona ini yang akan membuat anda berlama-lama jika anda berkunjung ke Museum Angkut ini datang dengan membawa anak. Tema edukasi anak begitu kental di zona ini, terbukti dengan pemilihan warna yang cerah dan penyampaian informasi mengenai transportasi dengan cara yang informatif sekalikus menyenangkan.

3. SUNDA KELAPA DAN BATAVIA

Di zona ini terdapat replika pelabuhan Sunda Kelapa tempo dulu yang terkenal pada zamannya. Pelabuhan ini di desain semirip mungkin dengan pelabuhan Sunda Kelapa pada saat itu lengkap dengan miniatur kapal-kapalnya yang sedang berlabuh. Pada area ini juga terdapat toko-toko dengan nama-nama ejaan yang menggunakan bahasa Belanda dan di sekelilingnya ada beberapa jenis kendaraan transportasi yang sering digunakan pada masa itu. Di zona ini anda juga akan diberi informasi tentang perkembangan pelabuhan Sunda Kelapa dan Batavia dari masa ke masa.

4. UNI EROPA

Di zona ini ada empat negara yang menjadi representatif dari Uni Eropa, yaitu Inggris, Jerman, Italia dan Perancis. Ke empat negara maju tersebut dianggap telah mewakili Uni Eropa. Pada zona ini terdapat beberapa koleksi mobil-mobil antik buatan Inggris. Di antara mobil-mobil antik tersebut ada satu yang bernilai historis karena pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth. Mobil tersebut bertipe Land Rover yang pernah digunakan Ratu Elisabeth saat parade di Australia. Uniknya, pada zona ini juga terdapat miniatur Istana Buckingham yang terkenal di Inggris lengkap dengan taman bunga di depannya dan terdapat patung Ratu Elizabeth.

NSLY7950 (1)

5. GANGSTER & BROADWAY

Nama lengkapnya Alphonse Gabriel “AL”Capone, gangster yang terkenal pada tahun 1920 ini mulai terlibat dengan gangster di usia muda. Capone banyak terlibat dengan aksi kejahatan mulai dari menyelundupkan minuman keras, penyuapan dan prostitusi. Rasakan sensasi berada di kota Chicago pada tahun 1920’an jika berada di zona ini. Tahun dimana Al Capone menjadi begitu terkenal dan disegani sebagai gangster di Amerika.

IMG_9032

6. HOLLYWOOD

Tidak perlu jauh-jauh ke Amerika jika hanya ingin berkunjung ke Hollywood karena di Museum Angkut juga terdapat Hollywood mini. Di zona ini ada beberapa replika kendaraan yang digunakan pada film-film box office seperti mobil mobil scooby doo dan batmobile yang digunakan Batman dalam filmnya. Tak ketinggalan, di zona ini juga terdapat patung Hulk yang dibuat dari onderdil bekas kendaraan mobil dan motor yang terlihat sedang mengamuk dan menginjak sebuah mobil.

7. LAS VEGAS

Zona ini menjadi salah satu bagian favorit bagi wisatawan. Di zona ini anda akan disambut dengan gerbang masuk Las Vegas. Rasakan sensasi berada ditengah kota Las Vegas yang glamour dengan kendaraan yang keluar masuk di area ini.

8. FLIGHT TRAINING

Apakah anda mempunyai cita-cita menjadi pilot pesawat sewaktu anda masih kecil! Sepertinya anda bisa mewujudkan cita-cita anda tersebut walaupun hanya sebatas training karena di lantai 3 anda bisa menemukan kokpit pesawat yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga anda bisa belajar menerbangkan sebuah pesawat. Namun untuk mencobanya, anda mesti membeli tiket boarding pass terlebih dahulu kepada kasir yang berada di belakang ekor pesawat.

9. PASAR APUNG

Pasar Apung menjadi bagian terakhir dari Museum Angkut. Pasar ini menyajikan berbagai macam kuliner khas nusantara untuk memanjakan perut anda seperti gado-gado, bakso, rujak cingur, nasi timbal, dll. Tak hanya menjual berbagai kuliner, di zona ini juga banyak pengrajin-pengrajin yang menjual hasil kerajinannya yang sangat cocok dijadikan souvenir ketika anda pulang. Uniknya, semua proses jual beli di Pasar Apung ini dilakukan diatas air dengan menggunakan perahu. Hal ini sangat mirip dengan pasar di atas air yang ada di kampung Magarsari di Kota Balikpapan.

ALAMAT DAN RUTE KE MUSEUM ANGKUT

Museum Angkut ini beralamat di Jl. Terusan Sultan Agung Atas, No.2 Kota Batu, Malang.

Tidak perlu khawatir tersesat  jika akan ke Museum Angkut, Kota Batu, Malang, karena sangat mudah menemukan lokasinya.

  • Kendaraan Umum, jika anda datang dengan menggunakan kendaraan umum dari arah manapun, anda mesti ke terminal Batu – dari terminal Batu anda bisa menggunakan angkutan berwarna jingga menuju ke kawasan wisata Batu.
  • Kendaraan Pribadi, jika anda datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, waktu yang ditempuh hanya 15 menit dari pusat kota Malang – Jl. Imam Bonjol Bawah – Setelah berada di depan Jatim Park 1, lurus saja hingga menemukan Museum Angkut.

JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK

KETERANGAN JAM BUKA & TIKET MASUK
Jam Buka 12.00 – 20.00
Tiket Reguler (Weekday) Rp 70.000
Tiket Reguler (Weekend) Rp 100.000

*Buka setiap hari (https://www.sharetempatwisata.com/museum-angkut/)

Batu Night Spectacular (BNS)

Batu Night Spectacular adalah sebuah wahana wisata terbaru dari Kota Batu. Malam hari anda bisa menikmati suguhan wisata paling spektakuler di Jawa Timur di Batu Night Spectacular (BNS). Obyek wisata yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo ini menyajikan aneka wahana yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga anda. Ada puluhan wahana yang tidak akan bisa Anda lupakan setelah menikmatinya seperti galeri hantu, slalom tes, sepeda udara tertinggi, lampion garden, dan trampoline. Di obyek wisata ini anda juga bisa menguji adrenalin dengan mencoba beberapa wahana seperti drag race, mouse coaster, dan beberapa permainan lain.

Banyak juga wahana yang khusus disediakan untuk anak-anak seperti kids zone yang terdiri dari 25 macam. Selain berbagai wahana menarik, keunikan BNS juga didukung letaknya yang sangat strategis di dataran tinggi. Dari obyek wisata mala mini anda bisa menikmati pemandangan alam Kota Malang dan sekitarnya dengan lebih sempurna. Gemerlap lampu di kawasan Malang Raya malam hari akan mengiringi suasana kongkow anda di beberapa kafe yang tersedia disana. Batu Night Spectacular ( BNS ) juga menyiapkan beberapa wahana yang unik yang rugi kalau dilewatkan seperti lampion garden, galeri hantu, cinema empat dimensi, sirkuit go kart terpanjang, layar sepanjang 50 meter di area food court, dan air mancur menari.

Alamat : Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316, Indonesia
Jam Buka : Setiap hari, 15.00 – 23.00 WIB

Harga Tiket Masuk :
Senin – Kamis : Rp 20.000 / orang
Jumat – Minggu : Rp 30.000 / orang

IMG_9077IMG_9090

Golden Tulip Resort Batu

Malam ini saya menginap di Hotel Golden Tulip. Ini hotel baru di Malang, kami menginap disini karena mendapat potongan harga diskon untuk grand opening. Hotel ini sangat bagus dan banyak spot untuk bersantai. Bahkan disini juga bisa berfoto-foto. Kamar yang sangat nyaman dan cocok untuk keluarga dan liburan. Kami hanya menginap disini 1 malam karena besok malam terakhir kami akan menginap di Amarta Hotel.

IMG_7753

Day 4

Araya Golf

Saat perjalanan menuju Bata Puti kami melewati Araya Golf dan kami berhenti sebentar untuk melihat – lihat.

IMG_7762 (1)

Bata Puti Coffee House

Setelah checkout dari hotel dan sarapan kami mengunjungi Bata Puti Coffe House, saat kam kesini ternyata coffee shop ini baru buka pada pk 15.00 , kami pun menunggu hingga tempat ini buka. Coffee shop ini tergolong murah dengan standard harga yang masih bisa dijangkau. Tak hanya kopi tetapi tempat ini juga menjual makanan yang lumayan. Karena tempat dan suasana disini enak, kami berada cukup lama sekitar 4-5 jam disini sambil mengobrol satu sama lain. Meski baru dibuka sesekitar 2 tahun namun dalam waktu singkat Bataputi sudah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit di Malang.

Instagram : @bataputicoffee

Alamat : Jalan Araya Megah No. 9, Kompleks Taman Indie Resto, Araya, Kota Malang

IMG_8981IMG_7783IMG_7804 (1)IMG_8979

Setelah makan malam kami kembali ke hotel untuk packing karena besok kami akan pulang ke Jakarta. Liburan kali ini merupakan liburan santai kami, karena kami hanya menikmati hotel dan juga kuliner di beberapa tempat.

Day 5

Amarta Hills Hotel

Malam terakhir kami yaitu kami menginap di Amarta Hills, secara keseluruhan hotel ini bagus hanya saja kami mendapat kamar yang kurang nyaman. AC di kamar kami cukup panas, dan kami komplain untuk tukar kamar tetapi kamar full. Meskipun teknisi sudah datang untuk dibenarkan tetapi masi tetap panas. Setelah chekout sekitar jam 11 siang, kami memesan taksi untuk menuju bandara. Hari ini kami sudah tidak pergi lagi karena pesawat kami sekitar jam 15.00

Sebelum pulang kami sempat mengunjungi kolam berenang dan kapel di sekitar hotel. Cukup bagus sehingga kami berfoto sebentar. Setelah selesai kami langsung menuju Bandara Abdul Rachman Saleh untuk pulang ke Jakarta. Selesai sudah liburan singkat kami kali ini di Bromo dan Malang 🙂

IMG_9231Processed with VSCO with a6 preset

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s